|

Diduga Diam - Diam, Mobil Dinas Baru Bupati Abdya Rp.1,018 Miliar

Ist.



REPORTASEGLOBAL.COM - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelontorkan dana Rp 1,018 miliar untuk pembelian mobil dinas Bupati Abdya, Akmal Ibrahim.

Pembelian mobil merk Nissan Elgrand itu menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (ABPK) Abdya tahun anggaran 2019. Kabarnya, pembelian mobil dinas Akmal Ibrahim ini dilakukan secara diam-diam dan tanpa melalui proses lelang. 

Sebelumnya, mobil dinas berplat BL 1 C tersebut bermerk Toyota Land Cruiser Prado. Kondisinya juga masih layak pakai, yang dibeli dengan APBK Abdya tahun anggaran 2014 silam, seharga Rp 1,4 miliar. 

Pembelian mobil dinas bupati yang tengah menjabat di periode kedua ini dibenarkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Setdakab Abdya, Teuku Indra. 

Menurut Indra, pembelian itu dilakukan dengan cara penunjukan langsung, karena kebutuhannya mobil jenis Nissan Elgrand. Namun, jika pengadaan kendaraan umum lainnya bisa dilakukan melalui lelang terbuka. 

“Benar, mobil itu dibeli seharga Rp1,018 miliar menggunakan APBK tahun 2019,” kata Teuku Indra kepada awak media, Sabtu (20/7). Terkait masalah penentuan merek mobil dan spesifikasi lainnya, Indra mengatakan pembeliannya itu berdasarkan perencanaan dari Bagian Umum Setdakab Kabupaten Abdya.

 “Kalau perencanaan pembeliannya semua itu di bagian umum, dan kabag umum langsung yang menjadi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Sedangkan kita sebagai PPK hanya melakukan eksekusi saja,” terangnya.(ajnn)
Komentar Anda

Berita Terkini