|

Gubuk Mungil Midun di Tanoh Anoe -Idi Rayeuk Dempet dengan Kandang Kambing

Midun dan keluarga di depan gubuknya, tampak di bagian belakamg gubuk tersebut kandang kambing tetangga mereka.



REPOTASEGLOBAL.COM - Kondisi miris akibat kemiskinan akut melilit nasib warga Dusun Mansyur, Ganpong Tanoh Anoe, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur. Rumah warga yang sehari - harinya mengais rezeki dari  becak motor ini, tampak tragis dan sangat menggenaskan. Dan mirisnya lagi, rumah suami istri satu anak ini yang dibangun dari potongan kecil papan triplek bersambung potongan plastik bekas, berdempetan dengan kandang kambing tetangganya di bagian belakang,

" Sudah 5 tahun kami tinggal di sini  tanpa bantuan apapun dari pemerintah," kata Azu Azha alias Midun kepada Reportase Global, 18 November 2018.

Midun mengungkapkan, keberadaan kandang kambing yang berdempetan dengan bagian belakang gubuk mungilnya itu membuat suasana semakin tidak nyaman, apalagi kondisi di dalam rumahnya itu sama sekali tidak layak huni.

" Ya beginilah, sudah jelas bau itu dekat kandang kambing," ungkap Midun.

Menurut pengakuan Midun, sebelumnya dirinya pernah dijanjikan bantuan rumah dari pihak desa berpenduduk padat tersebut, namun hingga kini penantian Midun belum juga membuahkan hasil.

" Kata Keplor mau dibantu rumah, tapi sejak tahun 2017 hingga kini rumah tersebut entah dimana,"  cetus Midun.

Sedangkan istri Midun, Abidan, juga mengeluhkan kondisi buruk yang sudah berlangsung bertahun - tahun itu, dan  tak jarang  membuat mereka terpaksa pindah ke bagian yang lebih tinggi di dalam rumahnya itu ketika hujan deras datang menyebabkan banjir menggenangi lantai tanah rumah mereka.

" Kalau hujan deras sedikit, kami langsung was - was, dan pindah ke bagian atas ini," terang Abidan menunjukkan sekatan papan yang dirancang lebih tinggi dalam rumah itu.

Midun dan istrinya berharap, agar Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dapat memberikan bantuan rumah yang layak bagi mereka.

" Ya kita mohon bantuan pemerintahlah ," singkat Midun sambil memelas.
Tokoh Pemuda Tanoh Anoe, Toke Adek, mendampingi keluarga Midun

Tokoh Pemuda Tanoh Anoe, Bukhari (Toke Adek) yang mendampingi warga tersebut, sangat menyesalkan masih adanya warga yang mengalami kondisi kemiskinan sangat buruk di lingkungannya itu. Dia mendesak Pemerintah Aceh Tiimur dan aparat Desa tersebut segera menurunkan bantuan rumah kepada warga tersebut.

" Ini kan macam kandang kambing rumahnya, coba anda lihat sama sekali tidak layak, harusnya mereka ini segera dibantu, pemerintah jangan lalai," ketus toke Adek saat itu.

Sementara itu, ketika media ini hendak mengkonfirmasi terkait persoalan tersebut  kepada Geuchik Tanoh Anoe, Sofyan (Apa Yan) , Namun kebetulan  saat itu yang bersangkutan sedang berhalangan untuk memberikan keterangan persnya.

" Maaf sedang  pesta,"  kata Apa Yan menutup keterangannya dibalik telpon seluler, sembari meminta untuk dihubungi kembali setelah itu.(Ony)
Komentar Anda

Berita Terkini