|

Pentingnya Kesadaran tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara

Para pemateri kegiatan Peningkatan Kesadaran Hak dan Kewajiban Warga Negara yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Aceh di aula Vitra Convention Hall, Jl TM Bahrum Kota Langsa,  Jumat (5/10)


REPORTASEGLOBAL.COM - Kesadaran tentang hak dan kewajiban warga negara menjadi hal yang mesti diketahui oleh segenap masyarakat, dalam hal ini masyarakat Kota Langsa, Aceh.

Demikian disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Kota Langsa, H Agussalim SH.MH, saat pelaksanan sosialisasi tentang hak dan kewajiban warga negara kepada masyarakat setempat, di aula Vitra Convention Hall, Jl TM Bahrum, Kota Langsa, Jumat (5/10).

 H Agussalim  menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan kerjasama Kesbang Pol Aceh dengan kesbangpol Kota Langsa. Dimana, Kabid Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Aceh, Hasrulsyah SE hadir sebagai pemateri bersama perwakilan  Kanwil Kemenkumham Aceh, Irfan SH MH.

"Di tengah kehidupan masyarakat saat ini, sangat dibutuhkan adanya kesadaran penuh tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, sehingga mampu menuju Indonesia sejahtera, sebagaimana tema kegiatan ini," sebut Agussalim.

"Dengan tumbuhnya kesadaran akan hak dan kewajiban, maka akan menumbuhkan rasa cinta pada tanah air yang muaranya terajut persatuan dan kesatuan bangsa," tambah dia.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan peningkatan kesadaran warga negara Indonesia tentang hak dan kewajiban, untuk mewujudkan sikap dan tingkah laku yang menghargai dan menghormati hak-hak orang lain dalam kehidupan bermasyarakat, serta menyadari akan kewajiban sebagai warga negara yang baik guna menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan.

Adapun peserta kegiatan Peningkatan Kesadaran warga Negara Indonesia tentang hak dan kewajiban berjumlah 50 (Lima puluh) orang yang berasal dari tokoh masyarakat , agama, adat, pemuda dan tokoh perempuan yang berada di Kota Langsa.

Sementara, Kabid Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Aceh, Hasrulsyah mengatakan, pelaksanaan kegiatan Peningkatan Kesadaran warga Negara Indonesia tentang hak dan kewajiban ini sesuai dengan TAP MPR RI Nomor V/MPR/2000, tentang Sosialisasi Persatuan dan Kesatuan Nasional dan TAP MPR RI Nomor VI/MPR/2001, tentang Etika Kehidupan Berbangsa sesuai Undang-undang.

Ditambahkan, kegiatan dimaksud merupakan pogram Kerja Badan Kesbangpol Aceh Tahun 2018 sudah ada Peraturanya dari Gubernur Aceh No 143 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Aceh.(alam)
Komentar Anda

Berita Terkini