|

Komnas HAM Ogah Masuk Tim Gabungan Terpadu Bentukan Wiranto


Istimewa


REPORTASEGLOBAL.COM - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menolak untuk bergabung dengan Tim Gabungan Terpadu. Tim bentukan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto itu bakalan ditugaskan untuk mengungkap dugaan pelanggaran berat masa lalu.

Anggota Komnas HAM, Amiruddin menyatakan, pihaknya tidak mau gabung dengan Tim Gabungan Terpadu karena UU 6/2000 tentang Pengadilan HAM tak mengatur soal pembentukan tim semacam itu.

"Komnas HAM tidak bisa ikut di dalamnya. Karena undang-undang tidak membuat prinsip seperti itu," tegasnya dalam konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/8).

Meski demikian, Amiruddin mengaku pihaknya menghormati setiap niat baik pemerintah. Asalkan niat itu didasarkan pada undang-undang dan aturan yang berlaku.

"Tentu Komnas HAM menghormati niat pemerintah untuk menyelesaikan masalah HAM jika berdasarkan UU dan aturan yang ada. Ini sikap Komnas HAM," demikian Amiruddin.

Sebelumnya, Wiranto menggagas pembentukan Tim Gabungan Terpadu yang terdiri dari Kejaksaan Agung, Komnas HAM, Polri, dan Kemenkumham. [fiq/rmol]
Komentar Anda

Berita Terkini