|

Diduga Terlibat Politik Praktis, Kades Latong Dipecat Mendadak


Kades Latong, Zulchairal

REPORTASEGLOBAL.COM - Kades Latong, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Zulchairal, diberhentikan secara sepihak oleh Bupati Nagan Raya, H. Jamin ilham S.E, akibat dugaan terlibat politik praktis pada Pilkada 2017 lalu.

 Zulchairal, Jum’at (1/6/2018) mengaku tidak tahu perihal pemecatannya itu, sedangkan surat pemberhentian dikeluarkan pada 21 Mei 2018.

“Saya atas nama Kades Latong definitif, menyatakan keberatan dan akan mempertanyakan keputusan Bupati Nagan Raya, H. M Jamin Idham SE, atas surat pemberhentian saya, sedangkan masa jabatan saya sampai dengan tahun 2021 mendatang, namun sebelum habis masa jabatan, saya sudah duluan diberhentikan tanpa ada sebab yang jelas,” ungkap Zul.

Zulchairal berniat melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib, sebab Pemerintah Nagan Raya dinilai telah sewenang-wenang terhadap dirinya.

" Kebijakan pemerintah daerah terhadap saya telah menyalahi Undang-undang desa nomor 6 tahun 2014, serta merusak demokrasi di tingkat desa, sehingga akan melahirkan konflik di kemudian hari, saya pun tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum yang mengakibatkan saya diberhentikan,” tegasnya.

"Akibat merasa dirugikan, saya diberhentilkan dari jabatan Kepala Desa Latong, karena saya dituduh terlibat politik praktis pada saat Pilkada yang lalu, dengan alat bukti foto saya bersama mantan Bupati HT Zulkarnaini dan T Raja Kemangan, akan tetapi tuduhan tersebut tidak terbukti," ujarnya.

Dirinya juga berniat mengadukan nasibnya itu ke DPRK dan bermaksud menempuh jalur hukum sesuai peraturan yang berlaku.

Mencuat isu, Diduga pemberhentian tersebut atas tuntutan timses bupati terpilih, dan sampai akhirnya PJ kepala desa dijabat oleh Sanaidin ( Ketua timses bupati terpilih Desa Latong, Kecamatan Seunagan).

Pemecatan itu disinyalir dipicu oleh menguatnya dugaan bahwa Kepala Desa Latong pada Pilkada 2017  diarahkan  bupati lama untuk mendukung calon no urut 1, yaitu T. Raja kemangan dan Said Junaidi.

Wakil Ketua DPRK Nagan Raya, Samsuardi, mengaku telah mengetetahui  pemecatan Kades Latong secara mendadak tersebut, dan akan memanggil pihak terkait untuk mempertanyakannya.

“Kita akan panggil pihak pemerintah terkait pemecatan Kepala Desa Latong, karena ini telah melanggar undang-undang dan perlu ditindak lanjuti,” kata Samsuardi.

Kalau begini, Nagan Raya bisa hancur kedepannya, sebab seharusnya dilihat dulu penyebabnya, jangan asal pecat saja.Kita tetap akan mempertanyakan hal ini,”jelasnya.(MJ/mediarealitas)



Komentar Anda

Berita Terkini