|

Senator Fachrul Razi : Saatnya Mahasiswa Bertarung Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Senator Facrul Razi saat memberi materi, didampingi Rizky Adam Rioner GsMD (CEO Bank Mahasiswa Indonesia) 

REPORTASEGLOBAL.COM - Perkembangan dunia global saat ini menuju era revolusi Industri 4.0. Mahasiswa diminta memperkuat Leadership, character building dan jiwa enterpreneurship. Kedepan, generasi yang sukses merupakan generasi muda yang menguasai teknologi dan kemampuan bahasa.

Demikian disampaikan Senator Fachrul Razi dalam Seminar Nasional dan Motivasi  Bisnis yang merupakan  salah satu program  kerja Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-raniry  Aceh dilaksanakan di gedung Auditorium Ali hasjymi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Minggu (22/4/2018).

Senator Muda Inspiratif ini mengatakan, dunia menghadapi era global dan revolusi industri. “ini merupakan tantangan generasi muda Aceh menjadi generasi yang luar biasa dan bermanfaat di masa yang akan datang.

Dalam laporannya, Rahmat Naufal selaku ketua panitia memaparkan tentang kegiatan Seminar  Nasional  yang diadakan oleh HMP-Perbankan Syariah. Penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari tersebut telah mengubah perilaku masyarakat hampir pada semua aspek kehidupan, seperti jual beli secara online, interaksi sosial secara digital,  financial technology (FinTech) dan sebagainya.  Maka berkaitan dengan itu HMP PS mengadakan  seminar  nasional  dengan tema " Motivasi  Bisnis dan Revolusi Keuangan  Digital". Tema kali ini dilatarbelakangi oleh hal tersebut. 

Ketua Umum HMP Perbankan  Syariah Aris Wanda dalam sambutannya menjelaskan  bahwa pentingnya motivasi bisnis dan mengetahui perkembangan dunia keuangan di era serba digital ini.Harapannya untuk semua peserta, agar secara tekun mengikuti  acara seminar ini sehingga dapat menambah ilmu dan wawasan.

Seminar yang dimoderatori oleh Irna Malisa ini menghadirkan beberapa narasumber diataranya,  Rizky Adam Rioner GsMD (CEO Bank Mahasiswa Indonesia) dan Senator muda inspiratif bagi kalangan anak muda saat ini yaitu H. Fachrul Razi M.IP (Senator DPD RI).

Dalam kesempatan tersebut, CEO Bank Mahasiswa Idonesia tersebut menjelaskan tentang revolusi keuangan digital, Adam mengungkapkan bahwa perkembangan teknologi semakin cepat dan semakin menantang, kemajuan teknologi dan digitalisasi tak hanya membawa perubahan, tapi juga menimbulkan pada tatanan global, internet adalah salah satu bentuk teknologi yang membawa perubahan, serta potensi ekonomi yang besar, dikawasan asia tenggara potensi ekonomi dari internet bahkan diperkirakan mencapai ratusan milliar dolar. Ini menjadi bukti nyata bahwa keuangan hari ini sangat dipengaruhi oleh digital.

Dalam sesi tanya jawab, Senator DPD RI Fachrul Razi menjawab bahwa kita sekarang sedang menghadapi revolusi industri 4.0, dimana hampir semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia serba  menggunakan internet. Internet kini layaknya oksigen, tidak terkecuali bagi masyarakat Indonesia. Dalam sebuah riset, dari  265,4 juta jiwa populasi Indonesia, 132,7 juta jiwa menggunakan layanan internet. Artinya apa? Jasa layanan internet merupakan peluang bisnis yang sangat besar. Para  pemuda dan mahasiswa harus lebih cerdas dalam hal menggunakan internet, gunakanlah internet ke hal-hal yang positif dan kreatif serta memberikan manfaat bagi kita secara pribadi, “ Ujarnya

Seminar ini juga  dibuka langsung oleh Wakil  Dekan III Fakultas ekonomi dan Bisnis Islam Bapak Syahminan, M.Ag dan diikuti oleh 500 peserta mahasiswa dari berbagai universitas di Aceh,serta Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta para praktisi dan tamu undangan.(***)
Komentar Anda

Berita Terkini