|

YARA Pidie Laporkan Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa Gampong Sambongan Baro

Kepala Perwakilan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh Kabupaten Pidie, Junaidi, melaporkan dugaan penyalahgunaan Dana Desa Gampong Sambongan Baro, Kecamatan Ulim,Pidie Jaya, ke Polres Pidie. 


REPORTASEGLOBAL.COM - Kepala Perwakilan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh Kabupaten Pidie, Junaidi, melaporkan dugaan penyalahgunaan Dana Desa Gampong Sambongan Baro, Kecamatan Ulim,Pidie Jaya, ke Polres Pidie. 

Dugaan Penyalahgunaan terkait pembangunan toko yang dibangun menggunakan Dana Desa tahun 2015 senilai Rp 227.626.000,-. Dalam perencanaannya dana pembangunan tersebut dibangun tiga unit toko beton lengkap dengan pintu besi, dan bangunan tersebut harus sudah selesai pada akhir 2015 dan dananya dipertanggung jawabkan pada Laporan Pertanggung Jawaban tahun 2016. 

“Kami sudah melakukan investigasi terhadap bangunan tersebut, dan ternyata baru dikerjakan sekitar enam puluh persen, padahal dana yang di laporkan keuchik dalam LPJ nya melalui Camat Ulim, bahwa bangunan tersebut telah selesai seratus persen” kata Junaidi, Kamis 1 Febuari 2018.

YARA Perwakilan Pidie telah mempertanyakan langsung kepada Keuchik Gampong Sambongan Baro, Iswan, tentang bangunan yang belum diselesaikan tersebut, dan dananya telah habis dibayarkan kepada pihak ketiga yang membangun toko tersebut, namun Keuchik Gampong Sambongan Baro hanya meminta waktu untuk memanggil pihak kontraktor untuk menyelesaikan bangunan tersebut. 

“ Kami sudah beberapa kali mempertanyakan kepada Keuchik Iswan tentang alasan tidak dilanjutkannya bangunan tersebut dan uangnya telah di bayar lunas, namun Keucik Iswan hanya meminta waktu untuk meneruskan bangunan tersebut sampai selesai, kami juga sudah konfirmasi ke Kantor Kecamatan Ulim terkiat dengan hal ini. Menurut salah satu staf kantor Kecamatan Ulim, mereka juga sudah beberapa kali mempertanyakan dan menegur Keucik agar menyelesaikan bangunan tersebut, namun sampai kami melaporkan ke Polres Pidie, bangunan tersebut belum juga di selesaikan, tentu saja ini telah menimbulkan kerugian terhadap uang negara yang diberikan ke Gampong Sambongan Baro” tambah Junaidi setelah melaporkan dugaan penyalah gunaan dana Desa tersebut.

Dalam Laporannya Junaidi didampingi Kepala PPID YARA dari Banda Aceh, Muhammad Zubir, SH. Laporan itu diterima Aiptu Marzuki pada 31/1, dengan Berita Acara Serah Terima Salinan (Foto Copy) Dokumen Pertanggung Jawaban Dana Gampong Sambongan Baro Kecamatan Ulim, Kabupaten Pidie Jaya Tahun Anggaran 2015.

 “ Kami minta Polres memproses dugaan penyalah gunaan dana desa ini sesuai dengan hukum” tegas Junaidi.

Junaidi meminta kepada seluruh Keuchik agar menggunakan dana Desa yang jumlahnya besar tersebut secara hati-hati.

"Kami sering mendapat pengaduan dari masyarakat tentang adanya penyalahgunaan dana desa di Gampong, dan kami akan melakukan  investigasi terhadap laporan tersebut, dengan dana besar yang diberikan Pemerintah Pusat, merupakan berkah bagi Gampong, tapi karena di salah gunakan maka akan jadi musibah bagi aparaturnya.

Untuk itu, Junaidi juga meminta para Bupati di Pidie dan Pidie Jaya agar selalu melakukan monitoring terhadap penggunaan dana desa tersebut.(***)
Komentar Anda

Berita Terkini