|

Krueng Keuruto Meluap, 23 Desa di Aceh Utara Diterjang Banjir

Banjir setinggi lutut orang dewasa menyebabkan lumpuhnya aktifitas warga setempat

REPORTASEGLOBAL.COM - Hujan deras mengguyur kawasan Kabupaten Aceh Utara, pada minggu terakhir (29/11/2017). menyebabkan 23 desa di Pirak Timu, Aceh Utara Tergenang Banjir, Sabtu (2/12) pagi.

" Kita di desa masih siaga, karena sungai penuh dan meluap ke dataran rendah di kampung kami", ucap Safrizal, S.pd, Ketua IPPELMAPI (Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Pirak Timu) pada awak media melalui telepon selulernya, Sabtu (02/12/17).

Banjir yang merendam puluhan desa di Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, mengakibatkan meluapnya air dari Kreung (Sungai ) Keureuto, Pirak Timu.

Sedangkan Desa yang terendam banjir diantaranya, Alue Bungkoh, Tanjong Seurikui dan Meunye, Pirak Timu, Meunasah Lupe, Matangkeh, Rayeuk Pange, Meunasah Bungoeng, Meunasah Geulumpang, Krueng Kreh, Meunasah Trieng, Tanjong Serukui, Meunje7, Pucok Alue, Tonton, Tepin U, Meunasah Glok, Lung Jalo, Bungong , Meunasah Bili, Keutapang.
Banjir lumpuhkan aktifitas warga
Adapun ketinggian air di pemukiman penduduk, lahan sawah, dan lahan perkebunan warga, rata-rata setinggi lutut orang dewasa. Namun, di Kecamatan Matangkuli, ketinggian air sudah hampir mencapai dada orang dewasa. Ada puluhan rumah yang terendam dari beberapa desa itu sejak pagi hari. 

Sementara itu, Ketua KSB (Kampung Siaga Bencana) Pirak timu, Irfan, mengatakan Hujan deras di kawasannya menyebabkan sekitar delapan hektar areal sawah yang sudah ditanami padi ikut terendam banjir

“Kita khawatirkan jika terjadi hujan terus menerus, padi kami yang sudah terendam akan gagal panen,” pungkas Irfan. (Alan)
Komentar Anda

Berita Terkini