|

Forum Keuchik di Aceh Timur : Buruh Tanpa Kontrak Bagai Budak di Tanah Endatu

Spanduk kegiatan seminar yang terpampang di lokasi acara

REPORTASEGLOBAL.COM - Forum Keuchik Kecamatan Indra Makmu melaksanakan seminar sehari bertema ' Regulasi Tanggung Jawab Perusahaan Tambang Terkait Corporate Social Resposibility (CSR) dan Undang Undang Ketenagakerjaan' di Aula Kecamatan, Sabtu 25 november 2017.

" Seminar sehari ini sengaja diadakan sebagai pendidikan dan penyadaran masarakat serta stake holders tentang pentingnya perusahaan melaksanakan CSR bagi masyarakat, juga nantinya masyarakat yang bekerja tahu akan hak - haknya sebagai pekerja yang diatur sesuai aturan yang ada," kata Murthada, Ketua Forum Geuchik Indra Makmu dalam rilisnya.

Apalagi menurut Murthda, Indra makmu merupakan salah satu kecamatan yang berada di lingkar tambang Blok A dan beberapa perusahaan perkebunan.
Suasana ketika se inar sedang berlangsung
Acara seminar ini terlaksana berkat adanya swadaya masyarakat sendiri bekerja sama dengan Yayaysan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) dengan pemateri H. Sulaiman SH dari Advokat IKADIN Aceh yang juga mantan Ketua Umum IPPEMAS dan Crisna Akbar, S. Ik Ketua Rumoh Transparan Aceh. 

" Tujuan kami yang terpenting ialah agar masarakat lebih tahu, paham dan menyadari peran dan fungsi CSR bagi pembangunan berkelanjutan. Perusahaan telah mengambil sumber daya alam, mendapat manfaat dan keuntungan bagi perusahaan tersebut. Tetapi jangan melupakan amanat UU Nomor 40 tahun 2007 bahwa perusahaan mempunyai kewajiban untuk memberdayakan masarakat, khususnya masarakat lingkar tambang ini," Sebut Murthada.
Momen foto bersama usai kegiatan
Harapan  Murthada, masyarakat yang dipekerjakan di perusahaan bisa mengetahui hak dan kewajibannya, agar nantinya tidak ada masyarakat yang dipekerjakan tanpa ada kontrak kerja yang jelas sesuai yang diatur dalam UU nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

" Jangan sampai, buruh tanpa kontrak bagaikan budak ditanah endatu," tutup Murthada.(***)
Komentar Anda

Berita Terkini