|

YARA Dampingi PERSIA Kunjungi Pabrik PT. Semen Padang

Staf Humas, Idris  dan Staf CSR PT. Semen Padang,  Yumendri, sedang memberi penjelasan terkait seputar PT.Semen Padang, kepada tim YARA yang dipimpin Safaruddin SH dan Ketua  PERSIA ,Junaidi, disaksikan awak media lokal dari Aceh.

REPORTASEGLOBAL.COM - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mendampingi kunjungan anggota masyarakat yang tergabung dalam organisasi Persaudaraan Semen Indonesia Aceh (PERSIA) ke pabrik PT. Semen Padang di Indarung, Padang, Sumatera Barat, Minggu (01/10/2017) sekira pukul 09.00 WIB.

Dalam kunjungan untuk mempelajari berbagai hal seputar perusahaan semen tersebut, tim YARA dan PERSIA disambut pihak PT. Semen Padang yang dengan sengaja memang menanti kedatangan rombongan tersebut. Adapun pihak perusahaan tersebut diantaranya, Staf Kehumasan, Idris, dan Staf bagian CSR PT. Semen Padang, Yumendri, yang telah menanti di Aula PT. Semen Padang.

Pertemuan yang berlangsung hangat dan santai tersebut diwarnai perbincangan membahas soal seputar sejarah dan perkembangan  PT. Semen Padang, serta pola pendekatan pabrik semen kebanggaan Ranah Minang itu terhadap masyarakat Sumatera Barat, terutama warga Kota Padang, khususnya warga setempat.

" Apapun terjadi, kita selalu memikirkan dan memberi solusi bagi setiap tuntutan kebutuhan serta kemajuan masyarakat," ujar Staf Kehumasan PT. Semen Padang, Idris

Sementara itu, Ketua PERSIA, Junaidi, yang telah tiba di Kota Padang bersama tim YARA sejak 30 September, mengungkapkan tujuan kedatangannya ke PT. Semen Padang merupakan langkah awal dalam upaya mengkampanyekan penanganan mitigasi konflik lingkungan pada pembangunan pabrik semen di sekitar tempat tinggalnya di Propinsi Aceh. 

"Kita ingin pelajari seputar perizinan, tanggung jawab perusahaan terhadap warga lingkar pabrik, penyerapan tenaga unskilled dan life skill dari warga lokal, pendapatan daerah dari produksi semen dan sebagainya di PT Semen Padang," Ungkap Junaidi.

Junaidi menuturkan, hasil kunjungan tersebut nantinya akan menjadi perbandingan bagi perusahaan semen yang sedang menggencarkan pembangunan pabrik di Pidie.

" Hasil studi ini nanti akan jadi patokan mediasi antara perusahaan semen Aceh dengan masyarakat setempat, sehingga potensi masalah dapat diminimalisir," Pungkas junaidi menutup keterangan.

Usai perbincangan yang berlangsung hampir 2 jam tersebut, tim YARA yang dipimpin Safaruddin SH, dan PERSIA serta awak media, diajak berkeliling melihat - lihat seputar bangunan lama dan bangunan pabrik baru di lingkungan PT.Semen Padang. 

Kemudian rombongan asal Aceh tersebut juga diberi kesempatan melihat sekilas proses pengolahan semen melalui sejumlah layar monitor di ruang pengawasan produksi, dan selanjutnya, tim pun melihat secara langsung dalam jarak dekat sejumlah mesin dan alat pengolahan bahan mentah semen di pabrik baru PT. Semen Padang, yang saat ini diperkirakan sudah mampu memproduksi kurang lebih sebanyak 3 juta ton per tahun produk semen unggulan.

Usai melihat - lihat bangunan lama PT. Semen Padang yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda pada tahun 1910, rombongan YARA dan PERSIA pun dijamu makan siang di tempat yang telah disediakan pihak perusahaan tersebut.(sandi)
Komentar Anda

Berita Terkini