|

Warga Bangkit Bentuk Tim Independen Awasi Dana Desa Neusu Aceh

Tokoh Gampomg Neusu Aceh Azwar Abu Bakar bersama Wakil Ketua Tuha Peut dan jajaran tokoh masyarakat Neusu Aceh lainnya terlihat kerap berkumpul memperkuat silaturahmi sesama warga di pos pemuda Gampong Neusu Aceh, Selasa 29 Agustus 2017.

REPORTASEGLOBAL.COM - Sejumlah warga Gampong Neusu Aceh berencana akan membentuk tim independen yang akan berfungsi mengawasi jalannya pemerintahan dan pengelolaan dana desa di Gampong Neusu Aceh, Kecamatan Baiturahman, Kota Banda Aceh.

Niatan itu diungkapkan tokoh masyarakat Gampong Neusu Aceh, Azwar Abu Bakar, menyikapi kemelut dana desa pada periode pemerintahan gampong sebelumnya, dan juga mengawasi jalannya pemerintahan baru yang dikomandoi Geuchik Fauzi.

Pengawasan itu menurut Azwar Abu Bakar merupakan bagian dari partisipasi pembangunan gampong.

" Kita akan tuntut soal LPJ mantan geuchik itu, laporan dana desa periode lalu yang belum pernah diserahkan, juga mengawasi pemerintahan baru agar lurus jalannya," kata Azwar Abu Bakar kepada Reportase Global beberapa waktu lalu.

Menurut dia, tim ini terbentuk berkat kesadaran  warga demi kemajuan desa. Namun Azwar tidak mengelak soal bangkitnya warga untuk andil mengawasi pemerintahan, disebabkan lemahnya pengawasan pihak Tuha Peut Gampong Neusu Aceh selama ini. Sehingga menyebabkan tidak transparannya pelaksanaan pembangunan serta pengelolaan dana desa pada era pemerintahan geuchik sebelumnya, yang ditandai dengan tidak adanya LPJ Geuchik pada periode  2015 -2016.

" Pengawasan Ini kesadaran warga dan juga merupakan bentuk lain dari partisipasi pada pembangunan desa, juga akibat lemahnya lembaga -lembaga desa seperti tuha peut, LPJ Geuchik 2015-2016 aja nggak ada," ketus Azwar.

Azwar mendorong warga bersama - sama mengawasi pemerintahan dan mendukung pembangunan yang pro warga.

" Kita dukung pembangunan, tapi harus bersama -sama, jangan jalan sendiri -sendiri,"tegas tokoh yang sering disapa 'Pak Wan' itu.

Saat itu, disamping Azwar, duduk Wakil Tuha Peut Gampong Neusu Aceh, Rahmadi yang kebetulan sedang berada ditempat yang sama.

Menanggapi komentar Azwar, Rahmadi pun merespon dengan senyuman. Menurut Rahmadi gerakan warga itu hal yang wajar dan patut didukung.

"Alhamdulillah kalau memang warga akan membentuk tim mengawasi desa ini, kan itu justeru membantu kami pihak tuha peut" kata Rahmadi sambil tersenyum lebar.

Menurut Rahmadi,pihak tuha peut selama ini sudah menjalankan tugasnya seoptimal mungkin, meskipun banyak kendala yamg dihadapi.

" Sebagian warga mungkin tidak tahu, tapi kami sebenarnya menjalankan fungsi pengawasan. Meskipun ada ganjalan seperti tidak adanya LPJ geuchik periode lalu, itu sudah berkali -kali kami tagih, tapi tetap saja nihil.

Rahmadi mengungkapkan, banyak tugas -tugas tuha peut yang sudah dijalankan namun sedikit sekali diketahui warga. Da pihaknya pun berjanji akan menjalankan amanah lebih baik lagi kedepannya.(rg1)
Komentar Anda

Berita Terkini