|

Sekjen DPP IKADIN: Advokat Dilarang Suap

Sekretaris Jendral Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN), Rasyid Ridho

REPORTASEGLOBAL.COM - Sekretaris Jendral Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN), Rasyid Ridho menyatakan, advokat berhak menolak perkara yang bertentangan dengan hati nurani, dan advokat.

Hal ini disampaikan dalam Pendidikan Profesi Advokat Ikadin yang dilaksanakan di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Aceh.

Selain itu, Advokat juga punya Hak menolak memberi jasa hukum jika perkara tidak sesuai dengan hati nurani dan perkara yang tidak punya dasar hukumnya. 

Rasyid Ridho menekankan, tugas utama menegakkan hukum, kebenaran dan keadilan, advokat bebas mandiri, Memelihara solidaritas sesama rekan sejawat, tidak dibenarkan melakukan pekerjaan yang dapat merugikan kebebasan,  derajat dan martabat advokat dan menjunjung tinggi profesi advokat sebagai profesi terhormat.

"Bagi advokat yang melakukan pelanggaran kode etik yang berat, berupa pemberhentian dari profesi Advokat" tegas Ridho yang di dampingi Ketua Ikadin DPD Aceh,  Safaruddin. 

Advokat adalah profesi terhormat /officium nobile yang sejajar kedudukannya dengan jaksa dan hakim, dan advokat di larang memasang iklan untuk menarik orang lain.

Advokat juga sangat dilarang melakukan suap dalam melaksanakan profesinya. Ridho menambahkan, jika advokat tidak sanggup menjalani kode etik advokat, sebaiknya berhenti menjadi advokat daripada merusak citra advokat.(***)
Komentar Anda

Berita Terkini