|

KPK Tangkap Tangan Bupati Batubara

Ilustrasi

REPORTASEGLOBAL.COM - KPK melakukan operasi tangkap tangan di Batubara, Sumatera Utara. Total ada tujuh orang yang ditangkap.

"Kami mengamankan tujuh orang di sini dan dibawa ke Polda Sumut. Ada unsur penyelenggaraan negara di sana," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (13/9/2017).

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif membenarkan penangkapan Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain. Dia ditangkap karena diduga terlibat dalam transaksi uang haram.

"Betul, detailnya tunggu konferensi pers besok," kata Syarif ketika dimintai konfirmasi detikcom.

Namun hingga saat ini belum diketahui kasus apa yang melatarbelakangi OTT itu. Selain itu, belum diketahui jumlah uang yang disita.

KPK memiliki waktu 1x24 jam setelah OTT untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang ditangkap tersebut.

 Usai menjalani pemeriksaan di Mapolda Sumatera Utara, Bupati Batubara Ok Arya Zulkarnain akan diterbangkan ke Jakarta melalui Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang.

Berdasarkan informasi, OK Arya tidak diterbangkan sendiri melainkan bersama enam orang lainnya, masing-masing berinisial S, M, H, S, AS, dan H. Disebutkan, ketujuhnya akan diterbangkan menggunakan maskapai Batik Air ID 6893 pukul 21.40 WIB.

Sebelumnya Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, OK Arya sempat dititipkan di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, sebelum dibawa ke Kantor KPK di Jakarta.

"Mereka (KPK) pinjam tempat di ruang Ditreskrimsus. Belum ada kabar ke kita sampai kapan," kata Rina, Rabu (13/9/2017). (dhn/fjp) 
Komentar Anda

Berita Terkini