|

Jokowi Buka Gebyar Raimuna Nasional XI di Cibubur

Presiden Jokowi memeriksa kesiapan peserta Raimuna Nasional XI didampingi Adhyaksa Dault


REPORTASEGLOBAL.COM - Organisasi Pramuka di Indonesia merupakan wadah menggembleng mental dan keahlian generasi muda sebagai generasi calon pemimpin penerus bangsa.  Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke - 56 tahun, pada hari Senin tanggal 14 Agustus 2017 telah berlangsung kegiatan upacara peringatan hari Pramuka ke - 56 ( Raimuna Nasional XI 2017 ) di Bumi Perkemahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur.  

Kegiatan tersebut diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur upacara pembukaan Raimuna XI 2017.

Sekitar pukul 7.30 WIB, Senin (14/8/2017), Jokowi tiba di Bumi Perkemahan Cibubur menggunakan seragam pramuka. Jokowi didampingi Ketua Kwartir Nasional Adhyaksa Dault, mengelilingi barisan kontingen untuk berfoto bersama peserta.

Usai berkeliling, sekitar pukul 08.00 WIB, upacara pembukaan dimulai dengan prosesi adat Bhineka Tunggal Ika. 

Dalam sambutannya, Adhyaksa Dault menyatakan gerakan Pramuka di Indonesia genap berusia 56 tahun dan kedepan akan semakin besar dengan anggota mencapai 22 juta orang.

"Kita semua patut berbangga dengan itu. Tapi bangga saja tidak cukup. Kita harus terus memberikan warna dan manfaat yang nyata, khususnya terhadap bangsa Indonesia dan perdamaian dunia," ujarnya.
Peserta Raimuna Nasiona XI
Dalam jeda acara, ditampilkan parade drum band dan keterampilan Pramuka lainnya. Raimuna XI, selain dihadiri presiden, juga tampak mantan presdien RI Megawati Soekarni Putri beserta Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo, Kapolri beserta sejumlah pejabat, di antaranya Menhan Ryamizard Ryacudu dan perwakilan pejabat provinsi kabupaten dan walikota se - Indonesia.

Raemuna XI dihadiri perwakilan 34 provinsi dan kabupaten - kota serta beberapa perwakilan negara luar seperti Malaysia, Singapura, Banglades, Taiwan sampai Neval dengan total jumlah keseluruhan 12.000 orang peserta yang akan berlangsung dari tanggal 13 s.d 21Agustus 2017.
Ketua Media Centre Raimuna XI,Putry Isti Safrilida
Ketua Media Center Raimuna XI, Putry Isti Safrilida, menuturkan, tujuan diadakannya Raimuna XI sebagai ajang menyatukan perbedaan. 

"Dalam wadah acara pramuka se-Indonesia ini, peserta terdiri dari 34 provinsi dan kabupaten - Kota. berbagai macam suku bangsa bergabung dan berkumpul menjadi satu, sehingga kalau mau dibilang NKRI, maka kamilah NKRI. Dan diharapkan kedepannya bisa menjadi agen-agen penerus perekat persatuan bangsa agar tidak terpecah belah" ucap Putry Isri Safrilida. (Hendra)
Komentar Anda

Berita Terkini