|

Bertahan Hidup, Janda Buta 4 Anak Tempuh Puluhan Kilometer Jualan Kerupuk

Tini, Janda tuna netra dengan 4 orang anak yang berjuang bertahan hidup menempuh jarak puluhan kilo meter berjualan kerupuk ke berbagai penjuru Jakarta.

REPORTASEGLOBAL.COM - Keterbatasan fisik bukanlah halangan bagi Tini, janda tuna netra dengan 4 orang anak, asal Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, untuk berjuang bertahan hidup demi membesarkan keempat buah hatinya tersebut.

Sehari - hari, Ibu yang berdomisili di Desa Mekar Sari, Perumahan Lembah Hijau, Kota Depok ini, rela berjalan kaki menempuh jarak puluhan kilometer untuk menjajakan dagangan kerupuk ikan tenggirinya ke berbagai penjuru Ibu Kota Jakarta.

" Hampir 2 tahun saya jualan kerupuk ikan tenggiri punya bos, pemilik pabrik di Pondok Duta, Lembah Hijau, " ucap Tini, saat dirinya diminta menceritakan kisahnya kepada media ini di sebuah warung tegal
Kramat Jati.

Sebelum berjualan kerupuk, Tini mengaku pernah menjalani profesi sebagai tukang pijat pada tahun 2002. Namun, menjamurnya usaha panti pijat dan akibat semakin tingginya persaingan usaha di bidang jasa itu, membuat Tini terlempar dari pekerjaan lamanya tersebut.

Hingga akhirnya, Tini harus merelakan dirinya beralih profesi menjadi penjual kerupuk dan menempuh perjalanan berat setiap harinya demi menafkahi keempat buah hatinya itu.
Tini saat hendak melanjutkan perjalanannya untuk berjualan
" Saya punya anak balita usia 4 tahun, butuh banyak uang buat beli susu, jadi sampai kapanpun, saya tidak akan pernah merasa lelah dan takut, meskipun harus berjalan kaki sekian puluh kilometer untuk menjajakan dagangan dengan resiko tertabrak kendaraan," ungkap sang Ibu yang diketahui tinggal di sebuah kamar kos bersama 4 orang anaknya tersebut.

Menurut Tini, dalam sehari dia memperoleh laba bersih minimal Rp60.000 setelah dipotong pengeluaran seperti ongkos ojek dan setoran kepada bos pemilik produk kerupuk ikan tenggiri itu .

Tini mengaku belum pernah mendapat perhatian dari pihak pemerintah. Padahal kondisi pahit tersebut sudah dilaluinya bersama 4 orang buah hatinya selama bertahun -tahun.(hendra)

Komentar Anda

Berita Terkini