|

Sekitar 531 Calon Siswa SD Ditolak dengan Status Tidak Diterima Dimanapun

Ilustrasi

REPORTASEGLOBAL.COM - Sekitar 531 calon pendaftar SD melalui PPDB Online ditolak dari sistem PPDB Online dengan status tidak diterima dimanapun. Hal itu disampaikan Kepala UPTD Tekkomdik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Nourchalis, SE, kepada Reportase Global.Com melalui pesan Whatappsnya, Senin (10/7/17).

" Antisipasi awal terhadap lonjakan pendaftar tersebut ialah dengan mendistribusikan kelebihan calon pendaftar yang statusnya ditolak tersebut ke sekolah-sekolah pada zonasinya yang tercatat masih kosong" Ujar Nurchalis.

Dia melanjutkan, sedangkan pada SMP hanya 4 sekolah yang secara online tercatat penuh, yaitu SMP Negeri 1, SMP Negeri 3, SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 17. Sedangkan SMP lain tercatat masih mengalami kekurangan kuota.

" Total penolakan calon pendaftar dari sistem PPDB Online untuk jenjang SMP sebanyak 82 orang. Namun dengan cepat beberapa sekolah yang terdaftar masih kosong itu terisi penuh sesuai kuota, setelah pengumuman PPDB Online yang sempat ditunda selama 3 (tiga) hari itu dilakukan" Ucap Norchalis.

Dia mengungkapkan, pada SD, besarnya jumlah penolakan lebih disebabkan karena jumlah penduduk usia sekolah jauh lebih besar dari tahun kemarin, selain itu juga disebabkan penetapan ambang batas minimal  usia masuk SD adalah 6 tahun yang diberlakukan tahun lalu, terakumulasi pada tahun ini, sehingga jumlah pendaftar usia wajib belajar SD menjadi membengkak.

" Untuk mengantisipasi lonjakan pendaftar itu, selain melalukan pendistribusian secara merata pada sekolah di zonasi masing-masing, beberapa sekolah yang secara infrastruktur dianggap siap, dimungkinkan untuk penambahan rombel untuk menampung kelebihan calon pendaftar usia sekolah ini" pungkas Nurchalis menutup keterangannya.(rg1)

Komentar Anda

Berita Terkini