|

Polres Lhokseumawe Usut Kasus Pengadaan Lembu Fiktif Rp 14,5 Miliar

Ilustrasi

REPORTASEGLOBAL.COM - Kasus dugaan korupsi pengadaan lembu pada Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pertanian (DKPP) Lhokseumawe senilai Rp 14,5 miliar, yang ditangani Penyidik Satreskrim Polres Lhokseumawe, kini ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan. 

Hasil audit investigasi BPKB Banda Aceh, kerugian negara dalam kasus ini mencapai Rp 6 miliar.

Awalnya, Pemko Lhokseumawe memplot dana 14,5 miliar tersebut melalui DKPP setempat untuk pengadaan lembu yang akan diserahkan kepada puluhan kelompok masyarakat di kota itu. 

Namun, pada akhir 2015, pihak kepolisian mencium aroma korupsi pada pelaksanaan proyek tersebut. Setelah memeriksa sejumlah pihak terkait proyek tersebut, polisi pun menyimpulkan bahwa sebagian proyek tersebut fiktif.

Polisi menyatakan akan memprioritaskan pengungkapan kasus ini dengan memeriksa saksi -saksi, hingga menetapkan para tersangka dalam waktu dekat. Menurut Polisi, penuntasan kasus pengadaan lembu fiktif tersebut akan dikebut tahun ini.

“Sejauh ini kita belum bisa jelaskan siapa saja yang akan menjadi tersangka. Nanti akan terungkap berdasarkan hasil penyidikan yang akan terus kita lakukan,” pungkas Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman, Kamis (13/7/17).

Dipihak lain, Koordinator LSM Masyarakat Anti Korupsi (MaTA), Alfian mengatakan, kasus ini sudah lama ditangani Polres Lhokseumawe. Informasi yang diterima pihaknya, sudah cukup banyak saksi yang diperiksa dan mereka sudah membeberkan seluruh fakta. “Jadi sudah sepantasnya kasus ini diusut tuntas, karena terindikasi pengadaan lembu fiktif,” ujarnya.

Ia menyambut baik peningkatan kasus itu ke tahap penyidikan. “Perlu dicatat bahwa kami akan mengawal penyidikan kasus ini. Jangan sampai nanti ada upaya penegak hukum untuk melindungi orang-orang tertentu yang seharusnya bisa dijadikan tersangka. Artinya, dalam penetapan tersangka, jangan orang-orang yang berperan kecil yang dijadikan tumbal,” demikian Alfian.(bah)

















 
Komentar Anda

Berita Terkini