|

Pengumuman Penerimaan Murid Baru Tertunda, Ini Penjelasan Kepala Tekkomdik

Kepala UPTD Tekkomdik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Nourchalis, SE.

REPORTASEGLOBAL.COM - Kepala UPTD Tekkomdik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Nourchalis, SE, menjelaskan  keterlambatan pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Kota Banda Aceh yang semula dijadwalkan pada tanggal 5 Juli 2017 pukul 16.00 Wib, namun hingga saat ini Kamis, 6 Juli 2017 pkl 22.03 Wib, masih tertunda untuk diumumkan.

Menurut Nourchalis, hal ini disebabkan masih belum terakomodirnya beberapa ketentuan Juknis PPDB Online Kota Banda Aceh yang menjadi parameter utama dalam proses skoring dan perankingan, kedalam sistem PPDB yang dibangun oleh Indonesia Bermutu (IB) di Jakarta selaku pihak pengembang aplikasi.

" Letak kekurangannya berada di pihak pengembang aplikasi yang kesulitan menerjemahkan maksud dari mekanisme skoring dan perankingan PPDB kita, kedalam tampilan web pengumuman" ungkap Nourchalis, melalui pesan Whatsappnya kepada Reportase Global.Com, Kamis malam (6/7/17).

Dia menambahkan, bahwa hal tersebut dapat dimaklumi, karena proses penyampaian juknis kepada mereka sedikit terlambat dari jadwal yang telah disepakati, sehingga proses transferknowledge terhadap juknis tersebut tidak tersampaikan dengan baik.

" Solusinya kita berusaha mengawal mereka dan mencoba membantu agar maksud dari juknis itu tersampaikan dengan baik untuk diimplementasikan kedalam sistem PPDB, sehingga kita berharap jadwal pengumuman PPDB tersebut tidak harus ditunda dalam waktu yang lama" ucap Nourchalis.

Ketika ditanyai mengapa pihak sekolah beralasan bahwa keterlambatan ini akibat kendala di dinas terkait, Nosurchalis menjelaskan secara hirarki, dinas adalah induk instansi yang menaungi sekolah juga selaku penanggungjawab terhadap kebijakan, khususnya dalam hal pelaksanan PPDB Online ini.

"Jadi wajar saja bila pihak sekolah menyebutkan persoalan ini ada di dinas, karena setiap kebijakan dan ketentuan yang ada dalam proses PPDB Online ini ditetapkan ketentuannya oleh Kepala Dinas selaku Decision Maker" terang Nourchalis.

Nourchalis menghimbau, masyarakat diharapkan untuk bersabar dan sama-sama mengawal agar pengumuman tersebut nantinya benar-benar sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada.(rg1)

Komentar Anda

Berita Terkini