|

Amien Rais : HTI Dibubarkan, PKI di Depan Mata Dibiarkan

istimewa


REPORTASEGLOBAL.COM - Tokoh reformasi Amien Rais mengkritik  keras terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas). Dalam Perppu Ormas, Mendagri dan Menkum HAM punya kewenangan membubarkan ormas yang melanggar aturan.

Namun sebelum pembubaran atau pencabutan status hukum dilakukan, ada dua tahap yang harus ditempuh, yakni peringatan tertulis dan penghentian kegiatan. 

Pada kesempatan itu, Amien Rais menyorot soal Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang menurutnya akan dibubarkan melalui Perppu itu.

"Kalau HTI dibubarkan kemudian komunisme dikembangkan itu apa hasilnya? Jelas sekali PKI di depan mata dibiarkan. Ya toh? Nggak diapa-apakan. Kalau HTI nggak pernah berbuat hanya punya prinsipil yang berbeda dengan kita dan nggak ada kata makar. Jadi ini kesalahan fatal bagi Jokowi kalau HTI dibubarkan," ujar Amien kepada awak media di kantor DPP PAN, Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (9/7/2017). 

Amien lalu berbicara panjang lebar bila negara sudah kacau dan keliru. Dia pun mengaku sudah tidak percaya lantara menurutnya keberpihakan terhadap rakyat tidak ada.

"Saya lihat makin kacau, makin keliru, makin salah lagi bahaya. Keliru ya seperti ini. Kemudian polisi sudah goncang, saya sudah nggak percaya. Rakyat kecil sudah mengeluh tarif dinaikkan, harga-harga sembako semakin tinggi," ujar Amien sebagaimana dilansir detik.com.

Dia lalu meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk mengoreksi diri sendiri. "Jadi menurut saya lebih ada self correction ya. Jokowi dan JK duduk, masukan-masukan dari mereka-mereka yang salah posisi dilihat. Kalau memang betul, kerjakan, yang tidak masuk akal, tinggalkan. Saya kira ini nasihat saya untuk Jokowi. (dhn/imk)
Komentar Anda

Berita Terkini