|

Tokoh Basket Aceh Diusung Warga Sebagai Keuchik Gampong Neusu Aceh

Calon Keuchik Gampong Neusu Aceh 2017-2022, Azwar Abu Bakar

REPORTASEGLOBAL.COM - Tokoh olah raga basket Aceh, Azwar Abu Bakar, diusung warga sebagai Calon Keuchik Gampong Neusu Aceh, Kecamatan Baiturahman, Banda Aceh, pada pemilihan Keuchik Gampong Neusu Aceh, periode 2017-2022, yang akan digelar pada hari minggu pagi (30/4).

Azwar Abu Bakar yang akrab disapa dengan panggilan Pak Wan ini, akan bertarung dengan 2 kandidat lainnya yang juga merupakan tokoh setempat, memperebutkan sekitar dua ribuan suara pemilih di 3 TPS yang telah disediakan.

" ini merupakan amanah dari masyarakat, insya Allah, jika terpilih nanti, saya akan berjuang membawa perubahan bagi Gampong Neusu Aceh ini," kata Azwar saat ditemui Reportase Global, dalam sebuah pertemuan sederhana bersama kalangan pemuda dan tokoh masyarakat di posko pemenangannya, Sabtu malam(29/4).

Dia mengungkapkan, bahwa dirinya akan memprioritaskan beberapa program yang menguntungkan bagi masyarakat jika dirinya terpilih nanti. 

" Saya akan gulirkan sejumlah program unggulan, dan Kita akan perkuat pemberdayaan ekonomi masyarakat serta pembinaan pemuda agar lebih potensial lagi, " ujar pria yang pernah bekerja di kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh tersebut.

Azwar mengatakan, selama ini banyak aktivitas kemasyarakatan yang ia nilai lumpuh di Gampong Neusu Aceh, akibat tidak berfungsinya pembinaan masyarakat sebagaimana mestinya akibat pemerintahan Gampong yang tidak berdaya.

Padahal menurut salah satu tokoh pemenangan  Aminullah sebagai Wali Kota Banda Aceh terpilih ini, Gampong Neusu Aceh yang padat penduduk, memiliki banyak SDM potensial di segala bidang.

" Pada umumnya, kurang optimal, bahkan bisa dikatakan berbagai bentuk kegiatan produktif masyarakat lumpuh, termasuk PKK dan kegiatan kepemudaan, padahal sumber daya manusianya dan dana desa berlimpah," ketus Azwar.

Dia mengungkapkan, akan menjalin kerjasama yang erat dengan pemerintah kota Banda Aceh, dan semua pihak untuk memajukan Gampong Neusu Aceh.

Sebagaimana diketahui, sebenarnya Azwar awalnya tidak berniat maju pada kancah pemilihan Keuchik tersebut, namun karena dianggap lebih pantas, maka dirinya sengaja diusung oleh warga, tokoh masyarakat dan pemuda, dengan harapan mampu segera membenahi berbagai hal penting di Gampong Neusu Aceh.

" Awalnya saya tidak mencalonkan diri, sebab ada calon lain yang tidak bisa maju karena persoalan persyaratan, lantas kemudian warga dan para tokoh ini mengusung saya," ungkap Azwar didampingi salah seorang tokoh pemuda setempat, Darmi Dahlan (Amy).

Dalam kesempatan tersebut, Azwar juga banyak menyoroti persoalan kemiskinan dan rencananya memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat, dan juga menghapus angka pengangguran di kalangan generasi muda terutama angkatan kerja.

" Nanti dana desa kita optimalkan untuk modal memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat yang sedang terpuruk," tandasnya.

Dirinya juga mengungkapkan, selama ini secara perlahan telah melakukan beberapa langkah positif bersama kalangan pemuda dan masyarakat, seperti giat bercocok tanam di sebuah lahan kecil yang ada di kampung tersebut guna melatih kekompakan serta membina agar pemuda berpikir serta berbuat lebih produktif.

" itu ada kebun, meski tak begitu luas, tapi kami bersama pemuda sudah mulai menanam beberpa jenis tanaman produktif yang lumayan bermanfaat, seperti jagung dan tanaman lainnya, nanti kita akan gencarkan program ini, dan lebih fokus lagi, supaya hasil produksinya bisa kita jual untuk kepentingan warga," tandas Azwar.

Azwar menekankan bahwa kemajuan Gampong Neusu Aceh terutama tertumpu di pundak pemuda, untuk itu ia kedepan akan lebih memperhatikan nasib pemuda dan menggencarkan pembinaan serius bagi kalangan pemuda.

" Kemajuan Gampong inikan ada di pundak pemuda, bangsa ini saja merdeka berkat perjuangan pemuda, pemuda itu harus kita perhatikan lebih serius. Baik buruk bahkan rusaknya pemuda itu juga tanggungjawab saya sebagai pemimpin nantinya," tegas Azwar.

Menurut Azwar, pemberdayaan ekonomi pemuda serta meningkatkan kegiatan kepemudaan merupakan salah satu solusi jitu untuk mencegah prilaku menyimpang di kalangan pemuda.

" Pemuda kita inikan sebenarnya banyak yang potensial, jadi kita tingkatkan kegiatan kepemudaan, permodalan usaha, nah itu nanti bisa bikin mereka jauh dari hal menyimpang," tandas Azhar.

Dirinya juga mengungkapkan rencana program budidaya tanaman jamur sebagai bahan makanan yang dapat dijual sebagai hasil produksi masyarakat nantinya.

Dia juga akan menggencarkan berbagai program pemberdayaan ekonomi rumahan bagi masyarakat, khususnya kaum ibu.

Tak hanya itu, Azwar juga menyinggung soal kurangnya guru mengaji di Gampong Neusu Aceh, dan dirinya berjanji akan meningkatkan berbagai upaya untuk memperbaiki keadaan tersebut.

Selain itu, Azwar juga mengatakan akan melakukan pembenahan pada struktur pemerintahan Gampong, terutama melakukan reformasi organisasi secara menyeluruh dan perombakan total struktur yang selama ini dia nilai belum bekerja dengan baik bahkan terkesan lumpuh.

Dia juga bertekad akan memimpin sesuai harapan masyarakat dan mengedepankan transparansi dalam pengelolaan dana desa hingga memberi dampak luas bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

" Insya Allah kita akan rombak total struktur yang lumpuh, kita kelola dana desa dan dana lainnya secara transparan dan sebaik mungkin, agar mampu memperbaiki kondisi masyarakat terutama kesejahteraan, sehingga terwujud masyarakat sejahtera dan bertaqwa," terang Azwar menutup keterangannya.(RG1)




Komentar Anda

Berita Terkini