|

Kesbangpol Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

SEKDA Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP, ketika membuka Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Aula Serbaguna Idi, Selasa 18 April 2017.Foto: Humas Aceh Timur


REPORTASEGLOBAL.COM– Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol-Linmas) Kabupaten Aceh Timur, menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bagi tokoh masyarakat. Sosialisasi terssbut di Gelar Aula Gedung Serbaguna Pendopo Idi,  Selasa 18 April 2017.


Kegiatan yang mengangkat thema ‘Kita Jaga Persatuan dan Kesatuan, Keamanan dan Perdamaian’ dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang. Adapun pesertanya yakni tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan LSM dan unsur media.

Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib melalui Sekda Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S.STP,M.AP, dalam sambutannya menjelaskan, perkembangan globalisasi pada saat ini sangat berpengaruh pada kondisi suatu negara. “Kuatnya arus globalisasi dengan masuknya budaya asing menjadi ancaman dan menimbulkan kekhawatiran terhadap tata nilai, norma dan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang berpegang pada sila-sila dari pancasila,” ujarnya.

Dijelaskan, kondisi tersebut dapat dilihat dengan kurang kemampuan dan komitmen masyarakat dalam memahami tata nilai yang telah dimiliki sehingga mudah memperlemah kesadaran hidup bangsa dan bernegara, norma-norma dan budaya yang dapat mempengaruhi dan pecahnya persatuan dan kesatuan bangsa.

“Oleh karena itu sangat perlu adanya upaya secara terpadu untuk mengantisipasi kepada seluruh elemen masyarakat. Pelaksanaan sosialisasi 4 pilar kebangsaan atau sering disebut sebagai konsensus dasar kebangsaan dilaksanakan bertujuan untuk neningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” jelas M. Ikhsan Ahyat.

Dia juga berpendapat, kegiatan tersebut dinilai sangat strategis dalam upaya menyatukan persepsi meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Dengan diadakan sosialisasi ini diharapkan kepada para peserta agar menjadi motivator serta memberikan pemahaman yang benar tentang 4 pilar kebangsaan dilingkungan masing-masing,” ujar M. Ikhsan Ahyat.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.IK, M.Hum, Anggota Komisi A DPRK Aceh Timur, Iskandar, Kepala Kesbangpol Aceh Timur, Muhammad Amin, SH, MH, Danramil Idi Rayeuk, Kapten Inf. M. Rizal, Asisten Kesistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur, Usman A.  Rachman, Asisten Administrasi Umum, Safrizal, SH, M.AP, dan para staf ahli bupati Aceh Timur. (***).
Komentar Anda

Berita Terkini