|

YARA : KIP Coret Dukungan PKPI untuk Rusli M Saleh – T Islah


Surat Klarifikasi KIP Bener Meriah

REPORTASEGLOBAL.COM - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bener Meriah, mencoret dukungan Partai PKPI untuk pasangan Rusli M Saleh – T Islah. Keputusan itu tertuang dalam surat KIP Bener Meriah No 71/KIP-Kab-001434506/II/2017 tanggal 3 Februari 2017 tentang Klarifikasi KIP Bener Meriah terhadap surat dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) pada tanggal 2 Februari 2017 yang meminta klarifikasi tentang dukungan Partai PKPI dan Hanura terhadap Pasangan Calon Rusli M Saleh dan T Islah.

Dalam surat yang diterima YARA pada tanggal 6 Februari 2017 , KIP Bener Meriah telah meneliti kembali surat dukungan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Bener Meriah.

Dukungan dari Partai PKPI dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan telah dicoret dari daftar partai pengusung Rusli M Saleh – T Islah. 


Surat Dukungan PKPI tidak memenuhi syarat

" Kami juga menerima copy  tiga lembar dokumen surat dukungan yang berisikan pencoretan partai pendukung dari PKPI, tidak disebutkan dalam surat tersebut kapan pencoretan tersebut dilakukan, " kata Direktur Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) , Safaruddin, Selasa (7/2/17).

Safaruddin menyatakan, pihaknya mengapresiasi langkah cepat KIP Bener Meriah dalam menyesuaikan aturan. Namun dia menilai, surat KIP tersebut belum seluruhnya menjawab  surat yang pernah dilayangkan pihaknya.

Surat Pencalonan

" Dalam surat terdahulu, kami meminta penjelasan soal dukungan dari partai Hanura dan PKPI, serta satu berkas salinan pencalonan Rusli M Saleh-T Islah. Namun yang dijawab hanya dari PKPI. Untuk penjelasan dari Partai  HANURA  dan salinan berkas pencalonan Rusli M Saleh-T Islah kami akan berkomunikasi kembali dengan KIP Bener Meriah," ungkap Safaruddin menutup keterangannya.

Dengan dicoretnya dukungan dari PKPI terhadap Rusli M Saleh dan T Islah, maka partai pengusung Rusli M Saleh –T Islah hanya tinggal dari Nasdem  3 kursi, Demokrat 1 Kursi, PNA 1 Kursi dan Hanura 3 Kursi.***





Komentar Anda

Berita Terkini