|

Posting ' Allah Bukan Orang Arab ' Ade Armando Tersangka

Postingan SARA Ade Armando

REPORTASEGLOBAL.COM - Polda Metro Jaya akhirnya menetapkan dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Ade Armando sebagai tersangka Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Ade ditetapkan sebagai tersangka karena postingannya di media sosial yang bernada SARA.

Dalam postingan miliknya  20 Mei 2015, ade mengatakan ' Tuhan bukan orang Arab, Tuhan pasti senang kalau ayat-ayatnya dibaca dengan langgam Minang, Sumatera, dan seterusnya. '

"Iya, yang bersangkutan sudah tersangka," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono.

Sebelumnya, Ade dilaporkan oleh Johan Khan ke Polda Metro Jaya pada 2016. Saat itu, Johan mempermasalahkan posting-an Ade dalam akun media sosialnya.

Pernyataan Ade itu disampaikan kala sedang ramai debat publik soal Al-Quran yang dibaca dengan langgam jawa.

Ade mengaku bahwa ia menulis status tersebut terkait dengan rencana Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menggelar festival pembacaan Al Quran dengan langgam Nusantara.

Status itu dibuat Ade Armando pada tanggal 20 Mei 2015. Argo mengatakan pelapor sempat meminta Ade meminta maaf dengan membalas akun Twitter-nya. Tetapi Ade tidak meminta maaf.

Sebelumnya, Ade juga sempat diperiksa pada Juni lalu dalam kasus ini.

Ade dijerat Pasal 156 A dan atau Pasal 28 ayat 2 UU tentang ITE. Ade kini fokus hanya menjadi dosen Universitas Indonesia. (KO1/RG1)
Komentar Anda

Berita Terkini