|

Massa Rusak Kota Usai Pelantikan Trump, Washington Mencekam

Sebuah Mobil dibakar Massa Anti Trump di Washimgton.

REPORTASEGLOBAL.COM - Gelombang penolakan atas pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS ke 45 berujung pecahnya kerusuhan di jalan - jalan Washington.

Demonstran dalam jumlah besar mengamuk di jalan-jalan utama di Washington. Mereka dengan senjata palu merusak sejumlah bangunan yang jadi ikon kapitalisme Amerika. Mobil-mobil dirusak dan dibakar.

Kelompok massa yang menggunakan penutup wajah dan tudung kepala berwarna hitam menghancurkan jendela bank dan sebuah kafe.

Bentrokan antara demonstran anti-Trump dengan polisi antihuru-hara tak terhindarkan. Polisi menembakkan gas air mata, semprotan merica dan granat kejut untuk mengatasi amuk demonstran.

Hingga hari ini (21/1/2017), sudah 217 demonstran yang terlibat kerusuhan ditangkap dan sejumlah orang terluka.

Para jurnalis menggambarkan Perumpamaan Washington sebagai "medan perang" .

”Secara spesifik, kelompok itu merusak kendaraan, menghancurkan properti dari beberapa bisnis, dan memicu kebakaran kecil yang terisolasi, sementara itu ada juga yang bersenjata linggis dan palu,”  demikian pernyataan kepolisian Washington.

Kerusuhan mulai pecah sebelum Trump diambil sumpah jabatan sebagai Presiden ke-45 AS. Kerusuhan belum mereda setelah pelantikan usai.

" reaksi polisi terhadap demonstran sudah menjijikkan ." ungkap salah seorang demonstran. (reuters/rg1)





Komentar Anda

Berita Terkini