|

Amien Rais : Kasus Ahok Berpotensi Mengancam Persatuan Bangsa


Amien Rais


REPORTASEGLOBAL.COM - Mantan Ketua PP Muhammadiyah Amien Rais menyebut kasus dugaan penistaan agama yang menyeret petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, berpotensi mengancam persatuan bangsa.
Terkait hal itu, Amien meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk mengedepankan kepentingan bangsa yang lebih besar. Caranya adalah dengan mengambil tindakan hukum yang tegas kepada Ahok.

"Untuk itu segera menahan Ahok, sebab kasusnya sudah bukan lagi persoalan umat Islam dan berpotensi memecah-belah bangsa," kata Amien di Kota Surabaya, seperti dilansir Antara.

Sementara itu Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pengusutan kasus dugaan penistaan agama yang menyeret Ahok dapat memicu timbulnya laporan-laporan hukum yang melibatkan calon kepala daerah lain di 101 daerah penyelenggara Pilkada 2017. Apalagi jika Ahok yang kembali maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, ditahan.

"Ini bukan tanpa risiko, di 100 daerah lain mau tidak mau harus diproses juga kalau ada laporan [yang melibatkan peserta Pilkada]. Di Jakarta pun kalau ada laporan ke dua pasangan calon lainnya saya juga harus periksa, equality before the law," kata Tito di Masjid Jami Al Riyadh, Kwitang, Jakarta Pusat, Minggu (20/11).

Tito mengatakan, laporan dugaan penistaan agama masuk ketika Ahok berstatus sebagai peserta Pilkada. Dengan kata lain, laporan kasus yang dituduhkan terhadap Ahok seharusnya ditunda untuk ditindaklanjuti setelah Pilkada DKI usai.

Namun, Tito menyatakan gelombang aduan masyarakat terhadap Ahok terbilang tinggi. Tekanan publik cukup besar sehingga polisi memutuskan melanjutkan penanganan perkara tersebut.

"Saya berhadapan pada posisi dilematis. Tapi kami berdiskusi, melihat, ini lebih baik digulirkan meski dengan risiko karena ini masalah yang sangat sensitif. Sehingga saya ambil keputusan tanpa konsultasi ke pimpinan negara, melaksanakan penyelidikan," katanya.(RG1)


Komentar Anda

Berita Terkini