|

Mualem Tuntut Jakarta Netral Pada Pilkada 2017



Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh ; Mualem dan TA Khalid.
 
REPORTASEGLOBAL.COM - Menanggapi berkembangnya isu soal dukungan pemerintah pusat terhadap calon tertentu pada pilkada Aceh 2017 mendatang, bakal calon gubernur dari Partai Aceh (PA), Muzakir Manaf,  meragukan netralitas Jakarta, dan menghimbau agar pemerintah pusat tak berpihak.

“Saya tidak yakin pemerintah pusat (netral), karena isu yang kita dengar (pemerintah pusat) ingin mengunggulkan satu calon gubernur,” kata pria yang akrab disapa Mualem ini kepada wartawan seusai menghadiri peresmian posko pemenangannya di kawasan Gampong Teungoh, Kecamatan Kuala, Nagan Raya, Selasa (6/9) sore.

Mualem juga menganggap pilkada menjadi percuma dilaksanakan jika pemerintah pusat tidak adil nantinya, “Tidak ada gunanya pilkada di Aceh jika pemerintah telah mendukung kandidat tertentu,” tegas Bos Partai Aceh itu.

Menyikapi hal ini, Mualem mengaku telah bertemu dengan sejumlah pihak yang menurutnya tepat menyampaikan pesan kepada Presiden Jokowi. Pesan itu diantaranya ia titipkan kepada Ketua dan Wakil ketua MPR RI, untuk mengingatkan pemerintah pusat akan pentingnya bersikap netral dalam pilkada Aceh, agar dapat terlaksana dengan aman dan sukses.

Selain itu, Mualem juga meminta kepada pemerintah pusat, termasuk Mahkamah Konstitusi (MK) untuk tidak merespon sejumlah pihak yang kini menggugat Undang-Undang Pemerintah Aceh. Sebab menurutnya ini hanya akan memperkeruh suasana di Aceh.

“Kita harapkan pemerintah pusat tidak mengutak-atik UUPA. Percuma kita kehilangan nyawa kalau ini diganggu,” tegas mantan panglima GAM itu didampingi pasangannya, TA Khalid.(rg1)

Komentar Anda

Berita Terkini