|

SBY : Kekuasaan Mana Pun Yang Menindas Rakyat, Akan Tumbang.

Presiden Ke-6 Republik Indonesia, Dr Susilo Bambang Yudhoyono



REPORTASEGLOBAL.COM - Presiden Ke-6 Republik Indonesia, Dr Susilo Bambang Yudhoyono, dalam sebuah wawancara ekslusif, Senin (29/8), terkait Pilkada serentak dibeberapa Provinsi di tanah air terutama di Aceh,  menyampaikan pesannya kepada para penegak hukum agar tidak berpihak dan berlaku sewenang –wenang terhadap rakyat.

“ Kepada para petugas keamanan dan penegak hukum, lakukanlah tugas dengan baik agar keamanan dan ketertiban selama pilkada tetap terjaga. Aparat keamanan dan penegak hukum harus netral. Jangan berpihak. Pemerintah pusat juga jangan gemar melakukan intervensi. Saudara-saudara kita yang ada di Acehlah yang berdaulat. Hati-hati. Di negara mana pun jika kekuasaan digunakan secara berlebihan dan sewenang-wenang untuk menindas dan merampas hak rakyat, siapa pun dia akan tumbang, karena akan dilawan oleh rakyatnya sendiri. Kita harus belajar dari sejarah dan jangan melupakannya.” Tegas sang Jendral.

Khususnya kepada rakyat Aceh, dan bagi SBY  sendiri, Aceh merupakan tanah yang dicintai, yang harus terus dirawat dan dijaga ini, SBY berpesan agar rakyat Aceh menggunakan hak pilih secara cerdas.

“ Pilih pemimpin yang diyakini bisa memimpin, bisa menjalankan pemerintahan, dan bisa melaksanakan pembangunan Aceh dengan baik. Juga pemimpin yang benar-benar bisa memajukan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Aceh. Jangan ada paksaan dan intimidasi. Apalagi disertai tindakan kekerasan yang bersifat fisik. Itu buruk sekali. Menangis kita. Ingat, 30 tahun lebih rakyat menderita karena konflik, ditambah lagi dengan ujian Allah berupa tsunami tahun 2004. Kalau para elite politik gagal dan tidak bertanggung jawab untuk menjaga situasi yang aman, damai, dan tertib dalam pilkada mendatang, serta merampas hak rakyat untuk dengan bebas menjatuhkan pilihannya, menurut saya, dosanya luar biasa.” Ujar Presiden RI Ke-6 yang sangat berjasa bagi perdamaian Aceh itu.

Sebagai seorang pribadi yang sangat mencintai Aceh dan yang pernah berjuang sekuat tenaga untuk sebuah perdamaian Aceh, dirinya juga berpesan agar semua pihak menciptakan kondisi dan situasi aman, tertib dan benar – benar demokratis dalam Pilkada 2017 di tanah air, khsususnya di Aceh.(rg1/ekstro)





Komentar Anda

Berita Terkini