|

Demo Anti Ahok Mengganas




REPORTASEGLOBAL.COM - Demonstrasi ratusan massa dari Forum Betawi Rempug (FBR), Aliansi Masyarakat Jakarta Utara (AMJU), dan Laskar Luar Batang di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi berlangsung ricuh.

Awalnya, unjuk rasa  mendesak lembaga anti rasuah menangkap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu berlangsung damai, namun menjelang sore sekitar pukul 15.00 WIB demonstrasi tersebut tiba-tiba tidak terkontrol dan berujung ricuh.

Massa melempari Gedung KPK dengan batu. Akibat ulah para demonstran tersebut, akses empat jalur ruas Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta tertutup. Tidak ada kendaraan yang dapat melintas.

Polisi pun sempat menembaki gas air mata berulang kali ke arah demonstran yang terus mencoba masuk ke markas pemberantasan korupsi. Bahkan satu unit Water Cannon dan puluhan polisi bermotor trail bersiaga.

Kepala Polsek Setiabudi AKBP Tri Yulianto menjelaskan, saat ini massa sudah bisa dikondisikan dengan baik. Menurutnya, kericuhan muncul lantaran salah satu elemen massa aksi tidak sabar menunggu audiensi dengan pihak KPK.

"Kemungkinan mereka mau audiensi. Ini kan sebenarnya massa pertama baru audiensi dengan KPK, kemudian massa kedua mereka juga mau audiensi. Mereka juga ingin masuk, tapi kita tahan karena belum selesai dari dalam," ujarnya, Jumat (20/5).

Tri menambahkan, pihaknya belum mendapat informasi apakah ada aparat kepolisan yang menjadi korban dari amuk masa anti Ahok tersebut.

"Aparat yang terluka ada tadi tapi kita cek dulu," katanya.

Saat ini bentrokan sudah mereda, massa aksi pun dihalau ke arah Menteng. Namun, aparat masih bersiaga di lokasi depan Gedung KPK. ( RG1/Ekstro)


Komentar Anda

Berita Terkini