|

TM Nurlif: Dana Otsus Berlimpah Rakyat Aceh Hidup Susah


Ketua Partai Golkar Aceh T.M Nurlif




REPORTASEGLOBAL.COM - Mantan anggota tim penyusunan Undang-Undang Pemerintahan Aceh (UUPA) TM Nurlif, menjelaskan bahwa dana Otsus merupakan bagian dari kompensasi pemerintah pusat kepada Aceh, atas ketidakadilan dimasa lalu.

Nurlif menuturkan,  landasan atau spirit dana Otonomi Khusus (Otsus) di Aceh ditujukan demi melakukan sosial recovery di Aceh pasca konflik.

“Salah satu penyebab konflik di Aceh sebenarnya kan akumulasi dari kekecewaan masyarakat yang merasa diperlakukan tidak adil oleh pemerintah pusat. Semangat dari UUPA yang didalamnya di atur dana Otsus itu adalah bagaimana melahirkan kesejateraan yang maksimal di Aceh dalam rangka memenuhi soal-soal ketidak adilan itu,” katanya kepada wartawan, Kamis (14/04).

Nurlif  berharap, dana Otsus sebagai sumber pembiayaan untuk melakukan recovery pembangunan di Aceh, akibat konflik selama ini segera terealisasi dengan baik

“Spirit dana Otsus itu sumber pembiayaan dalam rangka membangun keseimbangan antar kabupaten - kota yang ada di Aceh, sehingga bisa memperkecil ketimpangan yang selama ini terjadi,” ungkap bos partai beringin Aceh itu.

Menurutnya, dana Otsus itu punya koridor  yang tidak bisa diubah-ubah, artinya dana Otsus itu hanya bisa digunakan antara lain untuk membangun infrastuktur yang tidak mungkin di cover oleh APBN maupun APBA, Pemberdayaan ekonomi masyarakat yang tidak dicover APBN dan Reguler, untuk mendukung proses peningkatan pendidikan di Aceh, dan untuk mendukung kegiatan sosial.

“Keempat poin tersebut semuanya terjadi akibat konflik di Aceh, makanya butuh dana untuk merecovery ketimpangan selama ini,”katanya.

Mantan Legislator dari Partai Golkar yang pernah berkantor selama dua periode di senayan ini,  mendesak  Pemerintah Aceh, agar  segera mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui pengelolaan dana Otsus tersebut secara tepat . Jangan kemudian, Dana yang setiap tahunnya terus bertambah, namun kenyataannya rakyat Aceh tetap miskin. ( RG 1/extro)

Komentar Anda

Berita Terkini