|

KPK Tahan 3 Tersangka Hasil Tangkap Tangan di Jakarta Timur







REPORTASEGLOBA.COM - Untuk kepentingan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi percobaan pemberian hadiah atau janji berkaitan dengan penghentian penanganan perkara tindak pidana korupsi pada PTBA di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan tiga tersangka, yakni SWA (Direktur Keuangan PT.BA), DPA (Senior Manager PT.BA) dan MRD (swasta).

Tersangka DPA dan MRD ditahan untuk 20 hari ke depan terhitung mulai hari ini di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Jakarta Pusat Cabang KPK. Sementara tersangka SWA ditahan di Rutan Polres Jakarta Selatan.

Sebelumnya, berdasarkan hasil pemeriksaan dan gelar perkara yang dilakukan, penyidik menemukan bukti permulaan yang cukup, untuk menetapkan ketiganya sebagai tersangka.

Ketiganya secara bersama-sama diduga memberi atau mencoba memberi hadiah atau janji kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dengan maksud pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya, berkaitan dengan penghentian penanganan perkara tindak pidana korupsi pada PT.BA di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Ketiganya, diduga melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana atau Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 Jo Pasal 53 ayat (1) KUHPidana.

Penetapan ketiganya sebagai tersangka bermula dari kegiatan operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK pada Kamis (31/3) sekitar pukul 9.00 WIB di sebuah hotel di bilangan Cawang, Jakarta Timur. Pada saat penangkapan, ditemukan uang sejumlah US$148.835 yang terdiri dari 1.487 pecahan US$100, satu lembar US$50, tiga lembar pecahan US$20, dua lembar pecahan US$10, serta lima lembar pecahan US$1. (RG 1/***)
Komentar Anda

Berita Terkini