|

Bupati Rocky Buka Pengajian Ulama-Umara Aceh Timur




REPORTASEGLOBAL.COM-- Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin HM. Thaib membuka Pengajian Ulama Dan Umara Kabupaten Aceh Timur/2016 di Mesjid Kecamatan Birem Bayeun, Senin, 15 Maret 2016.

Hadir antara lain para Ulama dan pemuka agama dan kalangan ulama di Aceh Timur, Unsur FORKOPIMDA, Para Kepala SKPK, Camat, Para Kepala Bagian, Kabid dan tokoh masyarakat lainnya yang berada di Aceh Timur.

Pengajian Ulama dan Umara ini merupakan langkah lain yang diambil oleh pemerintah setelah mengadakan evaluasi terhadap pengajian yang telah dilakukan setiap minggunya pada tahun-tahun terakhir kemarin dimana dinilai pengajian tersebut tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan guna menegakan syariat islam secara kaffah di aceh timur.

Bupati Aceh Timur, H.Hasballah HM. Thaib yang lebih akrab disapa dengan Rocky dalam arahan dan sambutannya menjelaskan, pengajian ulama umara tersebut merupakan hasil evaluasi pengajian rutin yang selama ini dipusatkan di Masjid Agung Darussalihin Idi, tiap Jumat petang.

“Sehingga kita bersama para tokoh agama memutuskan agar pengajian ulama dan umara ini diadakan setiap bulan hanya sekali dimana setiap bulannya pengajian ini digilir tiap kecamatan, namun lanjutnya, pengajian untuk Tahun 2016 ini hanya bisa dilakukan di 10 kecamatan yakni sampai Kecamatan Madat mengingat kita memulai pengajian ini pada Bulan Maret,” kata Bupati Aceh Timur.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pengajian rutin ini boleh diikuti oleh seluruh masyarakat dan tokoh agama sehingga kita tidak mengotak-ngotakan antara masyarakat satu kecamatan dengan kecamatan lainnya. “Jadi, seluruh masyarakat silahkan ikuti pengajian ini setiap bulannya guna menciptakan kebersamaan antar masyarakat di Aceh Timur ini,” ujarnya.

Dalam pengajian tersebut nantinya, selain tausiah agama yang diberikan oleh para pemateri dari kalangan para Ulama juga diberikan kesempatan bagi para peserta pengajian ini untuk berdiskusi. “Pengajian ini akan terus berlanjut hingga tahun berikutnya,” ujar Bupati Aceh Timur.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rocky membantah keras pengajian yang berlangsung disetiap kecamatan secara bergilir itu ajang kampanye yang selama ini diisukan pihak-pihak tertentu. “Ini pengajian murni untuk kemaslahatan umat agar terbebas dari kewajiban umat Islam dalam menuntut ilmu,” ujarnya.

“Pengajian ulama umara ini bukan sekarang kita lakukan, tapi sudah berlangsung sejak saya dilantik,” terang Rocky seraya mengatakan, gagasan pengajian tersebut digilir ke kecamatan untuk melihat perkembangan dimasa yang datang. (***).

Komentar Anda

Berita Terkini