|

Remaja Aceh Tamiang Berusia 19 Tahun Berat Badan 13 Kilogram




Susianti ( 19) Penderita Gizi Buruk Didampingi Keluarganya
REPORTASE GLOBAL.COM – Untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak. Setidaknya demikianlah pameo yang pantas tersemat pada nasib yang dialami Susianti, seorang remaja yang mengalami gizi buruk di desa pengidam  Kecamatan Tamiang Hulu, kabupaten Aceh Tamiang .

Tubuh Susianti sangat kurus hingga tulang terlihat menonjol dipermukaan kulitnya.

Susianti merupakan  anak kelima  dari tujuh bersaudara buah hati Boiman (60) dan Sajinem (50) keluarga miskin yang menggantungkan nasibnya dari penghasilan Boiman sebagai buruh PTP-N 1 yang akan pensiun.

Ibunda Susianti mengatakan, Putri kelima mereka itu sudah lama mengalami kondisi miris tersebut. Dia mengaku tidak bisa  berbuat  banyak untuk mencukupi gizi keluarganya , apalagi membawa anaknya itu ke dokter untuk berobat.

“saya hanya mengandalkan penghasilan suami sebagai buruh PTP-N 1 yang akan pensiun, Seluruh pendapatan suami itu tidak cukup untuk kebutuhan keluarga. Sudah lama kami TIdak punya uang untuk berobat “ katanya.

Beberapa kali Susianti mengalami demam disertai batuk  berat. Sedangkan untuk mengatasi sakitnya, ia hanya diberikan obat anak-anak yang dibeli di warung .

Penderitaan berkepanjangan yang dialami keluarga tersebut menjadi perhatian khusus bagi Pusat analisis kajian dan advokasi rakyat aceh (PAKAR-ACEH) sebuah LSM yang bermarkas di Aceh.

Sekretaris LSM PAKAR Aceh Bambang Herman mengatakan bahwa  kondisi Susianti terlihat sangat memprihatinkan. Ia menegaskan bahwa pihaknya menuntut pemerintah segera mengatasi persoalan yang menimpa korban gizi buruk yang merupakan kasus luar biasa tersebut.

“ Kita akan mempertanyakan hal ini pada kepala dinas kesehatan Aceh Tamiang, bagaimana ini bisa terjadi di wilayah kerjanya? Kalau tidak mampu sebaiknya mengundurkan diri saja. Ironis dan sangat disayangkan, dana yang dikucurkan terlalu besar untuk kesehatan, tetapi tetap saja ada manusia yang kurang gizi “ tegas Bambang.  ( Yopi)


Komentar Anda

Berita Terkini