|

Polisi Tembak Mati Abu Rimba





REPORTASEGLOBAL.COM - Pentolan kelompok bersenjata Maimun alias Abu Rimba bersama seorang anak buahnya Doyok tewas ditembak polisi dalam sebuah baku tembak yang terjadi  di kawasan Lhok Guci, Kecamatan Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (20/2/2016).

Maimun alias Abu Rimba merupakan warga Rambong Payong, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya. Anak buahnya Doyok berasal dari Panto Cut, Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya.

Setelah Nurdin Ismail alias Din Minimi, pimpinan kelompok bersenjata di Aceh Timur menyerahkan diri. Nama kelompok Abu Rimba yang muncul di pantai barat Aceh  itu mencuat ke publik pada Januari 2016.

Kelompok ini mengeluarkan maklumat bahwa mereka merupakan bagian dari kelompok Din Minimi yang tidak mau menyerah. Maimun menamakan kelompoknya ini Tentara Rakyat Aceh (TRAK). Mengklaim memiliki kekuatan 40 personil bersenjata , kelompok ini juga menuntut  hal sama seperti Din Minimi cs yakni kesejahteraan.

“Walaupun Din Minimi sudah menyerah, kami tidak akan menyerah dan terus mengangkat senjata sebelum tuntutan kami dikabulkan oleh pemerintah,” kata Maimun alias Abu Rimba yang dirilis pertengahan bulan lalu.

Pernyataan Abu Rimba itu  dibantah keras Din Minimi. Ia menyatakan bahwa itu bukan pecahan dari kelompoknya. Dia mengaku sama sekali tak mengenal kelompok Abu Rimba itu. Banyak pihak meragukan Sosok  Abu Rimba sebagai  mantan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Belakangan klaim ini juga dibantah beberapa mantan GAM.

“Dia hanya pelaku kriminal,” kata seorang bekas petinggi GAM wilayah Meureuhom Daya (Aceh Jaya).

Polisi awalnya sama sekali tak memperhitungkan kelompok Abu Rimba, meskipun mereka telah gencar mengumumkan keberadaan kelompoknya diberbagai media lokal . “Siapa itu? Kita tidak kenal,” terang Kapolda Aceh, Irjen Husein Hamidi.

Hanya ada tiga kelompok kriminal bersenjata yang beroperasi di Aceh menurut daftar buruan Polda Aceh,  yakni komplotan Din Minimi, Gambit, dan Raja Rimba. Sedangkan semuanya sudah berhasil ditangani.

Nama Abu Rimba memang tak setenar tiga kelompok bersenjata sebelumnya yang kerap beraksi di wilayah timur utara Aceh. Bahkan Abu Rimba kalah popular dibanding kelompok Raja Rimba yang jadi buronan aparat sejak kasus penculikan warga Skotlandia di Aceh Timur pada 2013.

Setelah diselidiki, polisi kemudian mulai serius mencari Abu Rimba Cs. Dia dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Selain kepemilikan senjata api, dia diduga terlibat dalam beberapa aksi pencurian sepeda motor.

“Orang itu memang banyak melakukan kejahatan,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Aceh, Kombes Nurfallah.

Polda menurunkan tim memburu kelompok Abu Rimba. Dalam sebuah penyergapan di Pasie Timon, Aceh Jaya, Rabu (20/2) lalu, anak buah Abu Rimba, Nurdin alias Cobra berhasil ditangkap setelah tertembak di paha. Namun, Abu Rimba sendiri lolos.

Pencarian terus dilakukan. Pagi tadi, Abu Rimba dan anak buahnya Doyok kembali disergap aparat di Lhok Guci. Baku tembak sengit pun terjadi, hingga keduanya merenggang nyawa. ( RG/ekstro)


Komentar Anda

Berita Terkini