|

Pengamanan Hutan Aceh Harus Persuasif

ilustrasi hutan | ist
REPORTASEGLOBAL.COM - Mengawasi 407 ribu hektare lebih kawasan hutan dalam delapan kabupaten/kota di Aceh, upaya persuasif akan tetap ditempuh guna memberikan penyadaran kepada masyarakat pentingnya pelestarian hutan.

Hal itu diutarakan Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah IV Aceh Usman, Sp berharap pemerintah mempersenjatai personil Pengamanan Hutan (Pamhut) untuk melaksanakan tugas.

"Kelengkapan sangat perlu, apalagi saat Pamhut masuk kehutan. Personil Pamhut ini sebagai garda terdepan. Nanti 2016 akan kita buat pelatihan ranger, tapi sehebat apapun pelatihan kalau tidak dibekali kelengkapan, sama saja," jelasnya, Jumat (8/1).

Usman juga mengungkapkan terlebih lagi dalam area wilayah kerjanya itu termasuk 60 persen merupakan hutan lindung dan selebihnya adalah hutan produksi, kepentingan masyarakat diyakini sangat banyak hanya saja butuh tatakelola dan pengawasan yang lebih baik.

"Kita tidak melarang masyarakat mengelola hutan itu, malahan nanti akan ada kebijakan memberikan kesempatan masyarakat yang mengelolanya. Dengan demikian aktivitas perambahan hutan dapat ditekan dan masyarakat merasakan manfaat dari sumber daya alam berada disekitar mereka," harapnya.

[T.Hidayat]
Komentar Anda

Berita Terkini