|

Pendekatan Non Militer Terhadap Din Minimi Perlu Ditiru

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) | ist
REPORTASEGLOBAL.COM - Anggota Komisi I DPR, Ahmad Zainuddin mengutarakan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso sepatutnya ditiru dan diapresiasi terkait komunikasi persuasif nirmiliter terhadap kelompok Din Minimi di Aceh.

"Pemerintah selanjutnya harus menindaklanjuti jalan damai ini," jelas Ahmad Zainuddin melalui rilis yang diterima redaksi, Jumat (1/1).

Lanjut Zainuddin, beberapa permintaan Din Minimi seperti amnesti, menuntut perhatian pemerintah terhadap anak-anak yatim piatu dan janda dari eks kombatan GAM, pengawasan Pilkada, meminta KPK mengawasi Pemda Aceh dan perlindungan terhadap keluarganya sangat rasional untuk dipenuhi pemerintah.

Menurutnya Din Minimi bukanlah kelompok separatis yang menuntut pemisahan dari NKRI seperti yang terjadi di Papua. Keberhasilan BIN, menurut Zainuddin, menunjukkan bahwa konflik vertikal yang dilakukan kelompok bersenjata dapat diselesaikan dengan cara-cara tanpa pelibatan kekuatan militer.

Lantas, upaya dialogis dan persuasif dengan langkah-langkah strategis dalam penyelesaian konflik vertikal. Kasus Din Minimi bisa menjadi model untuk dikembangkan di wilayah lain dan dalam kasus lain seperti penanganan terhadap terduga teroris. 

Zainuddin juga menekankan penanganan yang salah dengan menggunakan kekuatan senjata tidak akan menghentikan tindakan kekerasan pelaku teror.

"Meskipun ada faktor sosiologis politik yang tentu berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lain. Tapi ini keberhasilan dalam skala kecil setelah perdamaian Helsinski, jadi sudah selayaknya pemerintah dan DPR menindaklanjuti permintaan ini. Tidak ada yang berat. Karena Din Minimi warga negara Indonesia juga, perlu diperhatikan," jelasnya.

[RG1]
Komentar Anda

Berita Terkini