|

Megawati: Kementerian Tak Selaras Nawacita

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri | ist
REPORTASEGLOBAL.COM - Berdasarkan hasil kajian sementara yang dilakukan Pusat Analisa dan Pengendali Situasi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menilai pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi) belum mampu mengejawantahkan semangat Nawacita..

Lantas, hasil kajian tersebut menyebutkan adanya perbedaan cukup signifikan pada tataran implementasi program. Apa yang ada di Nawacita sering berbeda dengan program yang ada di kementerian dan lembaga.

"Bahkan road map pembangunan dan politik anggaran yang disusun, terindikasi banyak yang tidak selaras dengan Nawacita, yang sesungguhnya juga merupakan penjabaran Trisakti," tegas Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam pembukaan Rakernas I PDIP di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/1).

Megawati juga melontarkan kritik secara khusus kepada praktik perusahaan BUMN yang dinilainya masih menerapkan korporasi swasta. Sebab, menurutnya konstitusi mengamanatkan pentingnya peran BUMN sebagai salah satu soko guru perekonomian nasional.

"Yang terjadi saat ini BUMN hanya diperlakukan seperti korporasi swasta yang mengedepankan pendekatan bisnis semata, atau yang sering didengungkan sebagai pendekatan business to business," jelasnya.

[T.Hidayat]
Komentar Anda

Berita Terkini