|

Komnas HAM Awasi Soal Gafatar


REPORTASEGLOBAL.COM - Polemik penanganan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) menuwai penolakkan dari beberapa pihak.

"Harus diantisipasi seacara serius oleh negara utamanya pihak keamanan," kata Anggota Komnas HAM, Maneger Nasution, Kamis (21/1).

Ia mencontohkan di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat terdapat 1.119 orang warga negara pengikut Gafatar yang kini ditampung Kantor Pembekalan Angkutan Daerah Militer (Bekangdam).

Jumlah pengikut Gafatar yang ditampung itu berjumlah 370 laki-laki, 312 perempuan, dan 437 anak-anak Indonesia.

"Sebagai warga negara Indonesia, negara utamanya pemerintah diminta untuk tetap hadir memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak konstitusional warga negara kepada para pengikut organisasi Gafatar," tutur Maneger.

Maneger juga menjelaskan para pengikut Gafatar berhak mendapatkan perlindungan karena mereka juga warga negara Indonesia dan pemerintah harus tetap melakukan proses hukum yang dilakukan oleh pengikut Gafatar. "Secara hukum harus dilihat kasus per kasus, " tandasnya.

Hingga saat ini Komnas HAM masih memantau adakah pelanggaran HAM dalam penanganan kasus Gafatar.

"Sejauh ini Komnas HAM belum menyimpulkan ada pelanggaran HAM. Hal ini dikarenakan beberapa anggota Gafatar, melakukan tindakan kriminal murni," katanya.

[T.Hidayat]
Komentar Anda

Berita Terkini