|

Industri Otomotif Indonesia Terbesar di ASEAN

industri otomotif | ist
REPORTASEGLOBAL.COM - Kementerian Perindustrian  (Kemenperin) mencatat, penjualan kendaraan bermotor di ASEAN mencapai angka di atas 3,1 juta unit pada 2015. Di mana, Indonesia menjadi pasar terbesar dengan penjualan mendekati 1,3 juta unit kendaraan.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengungkapkan, industri otomotif bisa dipacu dengan banyak cara. Salah satunya dengan menggelar pameran otomotif.

"Bukan hanya memberi tempat berupa booth tertentu tetapi juga menempatkannya di titik strategis. Harus ditata menarik dan jangan di belakang, di pinggir-pinggir," kata Menperin Saleh Husin di Jakarta, baru-baru ini.

Lanjutnya industri komponen dalam negeri memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Beberapa faktornya antara lain semakin maraknya industri perakitan, meningkatnya kebutuhan komponen dan suku cadang untuk layanan purna jual (after sales). Apalagi, pasar otomotif di dalam negeri maupun di ASEAN terus tumbuh.

Sementara itu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika I Gusti Putu Suryawirawan menambahkan, ke depan, pameran otomotif skala nasional dan internasional menjadi kesempatan mendongkrak pemasaran komponen lokal.

Pameran yang dihadiri prinsipal, pelaku industri, hingga konsumen menjadi sarana branding komponen otomotif kita. Pemilik pabrik dapat menunjukkan hasil produksi, membangun citra produk berkualitas dan tepercaya pada pemakai akhir serta mengembangkan kemitraan usaha, pungkas Putu. 

[T.Hidayat]
Komentar Anda

Berita Terkini