|

Al Chaidar: Din Minimi Tetap Harus Diproses Hukum Sampai Ada Amnesti

Al Chaidar | Foto: (c) BBC Indonesia
REPORTASEGLOBAL.COM - Pengamat politik dan teroris Al Chaidar mengutarakan kelompok Din Minimi tercipta merupakan produk ketidakadilan terhadap mantan kombatan GAM pemerintahan Zaini Abdullah.

Lanjutnya, Aceh pasca damai sangat resistan terbentuknya kelompok-kelompok kecil yang menuntu hak mereka dan merupakan sumber konflik baru.

"Bagi rakyat yang tidak suka akan pemerintahan sekarang, perlawanan kelompok Din Minim merupakan pergerakan yang selalu didukung walau secara tidak langsung," kata Al Chaidar, Rabu (6/1).

Al Chaidar juga menjelaskan masalah pemberian amnesti terhadap anggota Din Minimi Cs sebaiknya harus melalui jalur hukum.

"Pemberiaan amnesti kepada kelompok Din Minimi beserta anggotanya yang sudah turun gunung, sebaiknya harus melalui proses hukum pihak kepolisiaan, sehingga akan terlihat terlebih dahulu pelanggaran hukum yang dilakukan Din Minimi Cs, baru dikukan proses arah politik," jelas Al Chaidar menyarankan.

Lanjutnya, pemerintah harus selalu memperhatikan mantan kombatan yang akan membentuk kelompok-kelompok perlawan jika tidak mendapat keadilan.

"Putusnya komunikasi terhadap mantan-mantan kombatan GAM yang terpisah secara garis komando akan melahirkan sumber konflik baru," cetus Al Chaidar.

[T.Hidayat/JC]
Komentar Anda

Berita Terkini